Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim dan Katingan Kaji Banding Penyusunan Agenda Dewan, Ini Tanggapan DPRD Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 06 Agustus 2022 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - DPRD Kotim dan Katingan baru-baru ini melaksanakan kaji banding ke DPRD Kalteng. Kaji banding itu dalam rangka untuk mengetahui mekanisne penyusunan agenda DPRD Kalteng.

Menanggapi itu Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengungkapkan waktu itu pihaknya menerima langsung dan menyambut baik kunjungan tersebut. Menurutnya, keingintahuan DPRD Kotim dan Katingan ini terhadap agenda dewan Kalteng sangat bagus dan patut di apresiasi.

"Kedatangan mereka saat itu ingin mengetahui mekanisme penyusunan serta penetapan agenda-agenda DPRD Provinsi, kita apresiasi hal itu. Karena memang, agenda dewan pada dasarnya selalu berubah-ubah serta memerlukan berbagai penyesuaian," kata Duwel, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Dia menjelaskan, yang terpenting ialah DPRD mampu menyelesaikan berbagai permasalahan serta mampu menjawab bebagai tantangan tugas yang diemban oleh wakil rakyat. Sebab, tugas dan fungsi dewan yang utama yakni menyerap serta memperjuangkan aspirasi masyarakat sesuai dengan sumpah jabatan pada saat dilantik pertama kali menjadi wakil rakyat

"Sama halnya seperti kepala daerah, saat dewan mengajukan kegiatan berdasarkan usulan masyarakat atau berkenaan dengan pokok-pokok pikiran, harus ada penyesuaian dari atas kebawah, ini yang kami tekankan waktu itu kepada DPRD Kotim dan Katingan," ujarnya.

Ia juga mengatakan, berdasarkan peraturan perundang-undangan terdapat dua sumber utama dalam penyesuaian tersebut, diantaranya yaitu melewati musrenbang baik ditingkat desa, kecamatan, kabupaten atau provinsi serta ada yang melewati aspirasi dewan.

"Aspirasi dewan harus masuk dalam sistem informasi pembangunan daerah, sehingga pada saat anggota selesai menyerap aspirasi, hasilnya bisa dijadikan bahan pembahasan dalam musrenbang, termasuk pertimbangan dalam penyesuaian ketersediaan anggaran serta sinkronisasi RPJMD," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru