Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kembali Bahas Kesiapan Tindak Lanjut Rejuvenasi Anjungan Kalteng di TMII

  • Oleh Donny Damara
  • 06 Agustus 2022 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng bersama dengan pemerintah kabupaten dan kota se-Kalteng kembali membahas kesiapan tindak lanjut rejuvenasi anjungan Kalteng di TMII Jakarta dengan melaksanakan rapat secara virtual, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Rapat itu dipimpin langsung oleh Sekda Kalteng, Nuyakin. Ia mengatakan, Indonesia selaku tuan rumah G-20 Presiden RI, Joko Widodo menginginkan TMII menjadi salah satu tempat pertemuan delegasi beberapa negara anggota dan tamu sekaligus melihat keindahan TMII. Oleh karenanya, anjungan Kalteng perlu direjuvenasi.

"Beberapa waktu lalu kami bersama bapak gubernur, staf ahli, asisten, dan sekda se-Kalteng telah melaksanakan rapat serta kunjungan ke TMII dan juga telah dibuat beberapa kesepakatan. Surat juga sudah kita kirim ke bupati melewati sekda masing-masing daerah yang mempunyaj tanggung jawab terhadap bangunan fisik," ucap Nuryakin.

Nuryakin menambahkan, dalam rapat waktu itu juga telah disepakati bahwa di samping pembangunan fisik tentunya ada stand atau anjungan khusus masing-masing kabupaten atau kota. Saat mengunjungi anjungan Kalteng di TMII, pihaknya melihat banyak perabotan baik baju adat, instrumen adat, foto dan lain-lain perlu pembaharuan.

Nuryakin menegaskan, apabila kabupaten atau kota merasa belum jelas terkait gambaran yang harus disiapkan untuk rejuvenasi tersebut supaya dapat berkoordinasi dengan kepala Disbudpar Kalteng untuk bersama-sama melihat langsung ke TMII di Jakarta kira-kira apa yang memang benar-benar dibutuhkan.

"Silahkan bersama Kadisbudpar Kalteng sekali-kali kesana, mengecek kira-kira apa yang dibutuhkan. Jadi nanti tau apa yang perlu diperbaharui. Saya minta tanggal 26 Agustus sudah harus selesai semua bangunan fisiknya. Walaupun itu pertemuan setingkat Duta Besar," ujarnya.

Dia melanjutkan, nantinya juga di anjungan Kalteng TMII Jakarta harus ada beberapa kegiatan untuk pertunjukan, misalnya menampilkan tarian, busana, dan lain-lain. Kegiatan tersebut akan diatur oleh Disbudpar Kalteng supaya anjungan Kalteng TMII tidak sepi sampai berakhirnya G20. Tentu dengan fasilitas anjungan yang sudah bagus.

"Ini kegiatan kita bersama, namanya anjungan Kalteng, jadi nanti yang kita tonjolkan yaitu wajah Kalteng yang tentunya apa yang ada di anjungan itu merupakan reflika dari seleruh daerah yang ada di provinsi ini. Harapan kita tentu semuanya dapat bekerjasama dalam rejuvenasi ini agar anjungan Kalteng tersebut terlihat bagus," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru