Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Hadiri Kegiatan Tanam Jagung Kodim Buntok

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 Agustus 2022 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menghadiri kegiatan penanaman jagung ungu yang dilaksanakan Kodim 1012 Buntok di Kompleks Koramil 1012-04 Tamiang Layang, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Kegiatan penanaman jagung ungu tersebut serentak dilaksanakan pada seluruh koramil di wilayah Barito Timur.

Saat diwawancarai usai kegiatan Bupati Ampera mengatakan sangat mendukung penanaman ungu yang dilakukan jajaran Kodim 1012 Buntok karena selaras dengan misi Pemkab Barito Timur yakni meningkatkan ekonomi kerakyatan khususnya pada sektor pertanian.

"Sekarang ini penanaman jagung banyak digemari masyarakat, seperti jagung pakan, jagung manis, dan ungu," kata Ampera.

Jagung ungu merupakan jenis jagung yang banyak dibudidayakan. Pigmen ungu pada biji jagung mengandung antosianin yang diketahui dapat menurunkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes, obesitas dan penyakit kardiovaskular.

Bupati berharap penanaman serentak jagung ungu dapat memperkuat ketahanan pangan di Barito Timur dan juga dapat memacu masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong.

Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono menyampaikan hal senada. Menurutnya penanaman jagung ungu untuk membantu Pemkab Barito Timur meningkatkan ketahanan pangan di masa pasca pandemi covid-19.

"Hasil panen jagung ini akan dibagikan ke masyarakat setempat yang membutuhkan sesuai perintah komando dan juga akan dikonsumsi bagi anggota sendiri. Selain itu sebagai upaya memicu masyarakat untuk menanam jagung," ujarnya.

Kodim 1012 Buntok, lanjut Hendro, siap membantu membuka lahan tidur milik masyarakat untuk ditanami jagung. Bantuan dimaksud mulai dari membuka lahan, menanam, hingga panen jagung.

"Kami juga bergandengan tangan dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk suksesi program ketahanan pangan di Barito Timur, khususnya jagung ungu," tandasnya.

Kegiatan penanaman jagung juga dihadiri oleh Karutan Tamiang Layang, perwakilan Kejari Barito Timur serta perwakilan Polres Barito Timur. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru