Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Katingan Bergeser ke Hilir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Agustus 2022 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bencana banjir akibat luapan Sungai Katingan dan Sungai Samba di wilayah Kabupaten Katingan kini bergeser ke bagian hilir atau Selatan, Selasa 9 Agustus 2022.

Camat Katingan Hilir, Dony Merianto menuturkan di wilayahnya saat ini ada 5 desa dan 2 kelurahan terdampak banjir.

"Ada 5 desa dan dua kelurahan di Kecamatan Katingan Hilir terdampak banjir,  tapi secara keseluruhan aman artinya banjir belum sampai menyebabkan rumah warga terendam," kata Camat Katingan Hilir, Dony Merianto.

Meski ada rumah yang sudah kebanjiran, namun tidak lebih dari 3 buah rumah. Ke 5 desa terdampak banjir yakni Tumbang Liting, Tewang Kadamba, Talian Kereng, Telangkah dan Banut Kalanaman. 

Sememtara 2 kelurahan terdampak yaitu Kasongan Lama dan Kasongan Baru. Ia mengaku terdapat 2 desa di wilayahnya yang masuk dataran rendah dibanding desa atau kelurahan lainnya, yakni Tumbang Liting dan Desa Tewang Kadamba. 

Namun diperkirakan ketinggian banjir pada sore nanti akan turun mengingat di wilayah hulu atau Utara Katingan banjir sudah surut dan normal kembali. 

Dony mengimbau warga terutama yang memiliki anak kecil agar selalu waspada dengan kondisi banjir tersebut. 

Pun demikian dengan perabot rumah tangga yang berhubungan dengan listrik juga harus diwaspadai,  lebih baik saat kondisi banjir semua peralatan tersebut tidak terhubung dengan aliran listrik. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru