Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus Positif Covid-19 di Barito Timur Cenderung Meningkat, Begini Pesan Kadis Kesehatan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 Agustus 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Barito Timur cenderung meningkat dalam beberapa hari terakhir. Hingga Senin, 8 Agustus 2022 terdapat 14 kasus positif covid-19 yang berstatus dalam perawatan, karena itu Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur Jimmi WS Hutagalung mengimbau masyarakat untuk mengikuti vaksinasi covid-19 lengkap.

"Peningkatan kasus masih dari varian omicron yang penyebarannya cepat dengan gejala ringan, namun bagi orang yang komorbid (memiliki penyakit penyerta) gejalanya bisa jadi berat, apalagi yang tidak divaksin bisa menyebabkan kematian," jelas Jimmi di kantornya, Selasa, 9 Agustus 2022.

Saat ini cakupan vaksinasi dosis ketiga atau booster di Barito Timur baru mencapai sekitar 30 persen padahal pemerintah mulai mencanangkan vaksinasi dosis keempat atau booster kedua.

"Masyarakat hanya antusias vaksin booster saat ada kewajiban vaksin booster untuk pemudik, sekarang menurun padahal kita masih dalam suasana pandemi covid-19," tuturnya.

Jimmi memahami bahwa masyarakat sudah mulai jenuh dengan pandemi covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun namun fakta bahwa penyebaran virus ini masih tinggi tidak dapat diabaikan begitu saja.

"Jangan terlalu anggap enteng kita belum aman dari covid-19 karena itu masyarakat harus mengikuti vaksinasi lengkap hingga dosis ketiga bahkan nanti jika vaksinasi keempat diadakan masyarakat bisa mengikuti vaksinasi dosis keempat," tegasnya.

"Selain itu tetap harus melakukan protokol kesehatan dengan memakai masker serta tidak melakukan perjalanan ke daerah yang memiliki kasus tinggi," lanjut Jimmi. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru