Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Wali Kota Palangka Raya Minta TPPS Kejar Target Penurunan Stunting

  • Oleh Hendri
  • 10 Agustus 2022 - 10:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah meminta Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) bekerja optimal untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Yakni, mampu menurunkan prevalensi stunting sebesar 14 persen hingga 2024 mendatang.

"Kita sudah membentuk TPPS yang di dalamnya ada aparatur pemerintah daerah. Tentu dengan adanya tim ini diharapkan mampu mencapai target sebagai lokasi fokus penurunan stunting," katanya, Rabu 10 Agustus 2022.

TPPS ini bertugas untuk  mengkoordinasikan, mensinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergen dan terintegrasi dengan melibatkan lintas sektor.

Keterlibatan lintas pemerintah daerah dalam struktur TPPS memiliki kelebihan dan dinamika serta tantangan tersendiri. Oleh karena itu dibutuhkan persepsi dan kesamaan pandangan dalam melaksanakan semua kegiatan yang berkaitan dengan percepatan penurunan stunting.

Begitu pun peran Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah yang dalam struktur TPPS merupakan Ketua Pengarah dan Ketua Pelaksana menjadi sangat sentral dalam  memastikan seluruh yang tergabung dapat bekerjasama dan saling mendukung.

"Semoga kita dapat menjalankan fungsi yang melekat pada dinas masing-masing terutama dalam menjalankan fungsi intervensi sensitif yang memiliki pengaruh 70 persen dalam percepatan penurunan stunting," ujarnya.

Sebelumnya, dilaksanakan rekonsiliasi pelaksanaan percepatan stunting agar masing-masing  yang tergabung di dalam struktur TPPS dapat memahami tugas dan tanggungjawabnya masing-masing serta dapat bersinergi dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan percepatan penurunan stunting. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru