Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Jalankan Reforma Agraria

  • Oleh Noor Annisa
  • 10 Agustus 2022 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini sedang komitmen menjalankan reforma agraria atau upaya pemerataan tanah yang dilakukan oleh pemerintah.

Menurut Bupati Kotim, Halikinnor melalui Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Diana Setiawan, salah satu bentuk untuk mewujudkan reforma agraria yaitu dengan penataan aset. Kementrian ATR/BPN memiliki program strategis nasional melalui kegiatan redistribusi tanah.

"Pada tahun 2022, DIPA Kantor Pertanahan Kabupaten Kotim akan diredistribusikan 3500 bidang tanah yang terletak di Kecamatan Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Utara, dan Mentaya Hilir Selatan," Diana saat menghadiri sidang panitia pertimbangan landreform redistribusi tanah di ruang rapat Anggrek Tebu Lantai 2, Kantor Bupati Kotim, Rabu, 10 Agustus 2022.

Reforma agraria ini merupakan agenda dalam mewujudkan keadilan dalam ketimpangan penguasaan, penggunaan dan pemanfaatan tanah.

Skema reforma agraria juga harus ada kesinambungan antara aset dan akses, sehingga nilai manfaatnya benar-benar dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Melalui program redistribusi tanah ini masyarakat dapat memiliki sertifikat sehingga digunakan sebagai sarana membuka akses ke sumber-sumber ekonomi atau modal usaha," tutupnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru