Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PKK Palangka Raya Optimalkan Penurunan Stunting

  • Oleh Hendri
  • 10 Agustus 2022 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Target penurunan angka stunting hingga 14 persen pada 2024 harus diikuti rencana aksi dan realisasi yang terukur dari setiap pemerintah daerah. Sehingga, target itu bisa terealisasi sesuai rencana.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Palangka Raya, Avina Fairid Naparin. PKK pun berkomitmen akan terus menekan angka stunting di wilayah setempat.

"TP-PKK memiliki kader yang tersebar hingga ke tingkat kelurahan yang dapat dimanfaatkan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan program-program pencegahan stunting kepada masyarakat," katanya, Rabu 10 Agustus 2022.

Menurutnya pencegahan stunting dapat dimulai dari lingkup terkecil seperti keluarga. Kecukupan dan pemenuhan asupan gizi keluarga merupakan faktor penting yang harus menjadi perhatian serius untuk menciptakan keluarga sehat dan bebas dari stunting.

"Kami mengajak untuk kembali mengaktifkan Posyandu. Kenapa posyandu, karena posyandu adalah sarana fasilitas kesehatan paling dekat ke masyarakat. Sehingga pelayanan kesehatan dan pemenuhan gizi keluarga dapat lebih dioptimalkan," jelasnya.

Ia mengatakan, stunting bisa dicegah dengan memastikan kesehatan dan kecukupan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan. Karena salah satu penyebab stunting adalah Kekurangan gizi dalam waktu yang lama pada 1.000 hari pertama kehidupan.

Ia juga menekankan betapa pentingnya penerapan pola asuh anak dan remaja serta pemberian nutrisi yang tepat bagi anak, dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas pada masa yang akan datang.

"Dalam program pencegahan stunting, TP-PKK melakukan pembinaan secara berjenjang. Itu mulai dari meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat melalui pendataan, penyuluhan dan penggerakan peran serta seluruh komponen," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru