Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BPBD Kotim Ingatkan Warga Tidak Bakar Lahan Cegah Karhutla

  • Oleh M Andhika
  • 10 Agustus 2022 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Rihel mengingatkan masyarakat terhadap ancaman dan potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Menurut Rihel, berdasarkan pantauan pihaknya setiap tahun di Kecamatan Baamang dan Kecamatan MB Ketapang selalu terjadi kebakaran skala kota dengan berbagai penyebab kasus yang berbeda. 

"Banyak kasus (penyebabnya). Potensi titiknya sendiri ada di beberapa daerah kecamatan Baamang dan Ketapang. Setiap tahunnya pasti terjadi kebakaran," kata Rihel, Rabu, 10 Agustus 2022.

Rihel menilai murahnya modal dalam membuka lahan melalui membakar menjadi alasan oknum warga masih menggunakan metode tersebut. Kegiatan yang terjadi hampir setiap tahun menjadi penyumbang bencana kabut asap.

Untuk itu ia menghimbau masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar demi mengantisipasi terjadinya Karhutla. Karena dapat berdampak pada kesehatan, ekonomi daerah, dan pendidikan. 

"Berkali-kali saya imbau masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar. Fatal sekali dampaknya," demikian Rihel. (M ANDHIKA/B-5) 

Berita Terbaru