Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kapuas Sosialisasikan Penyusunan dan Entry Data Insentif UKM Bagi Puskesmas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Agustus 2022 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas telah mengadakan sosialisasi, pertemuan penyusunan dan entry data insentif Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM) bagi tenaga puskesmas sesuai Permenkes tahun 2022 bagi puskemas se-Kabupaten Kapuas.

Kegiatan diikuti sebanyak 26 Puskesmas dengan masing-masing puskesmas dihadiri oleh kepala puskesmas dan bendahara BOK puskesmas.

Kepala Dinkes Kapuas, dr Tonun Irawaty Panjaitan berharap kepada puskesmas nantinya setelah implementasi insentif ini berjalan, maka pelayanan UKM di puskesmas dapat berjalan secara optimal.

“Ada kenaikan kinerja UKM melalui peningkatan capaian SPM (Standar Pelayanan Minimum) dan program lainnya, hal ini tentu guna mendukung transformasi kesehatan serta terjadi peningkatan serapan dana BOK Puskesmas,” katanya, Kamis, 11 Agustus 2022.

Yang menjadi dasar dalam penyelenggaraan kegiatan ini adalah Peraturan Mentri Kesehatan RI Nomor 19 tahun 2022, dimana pokok dari Permenkes ini untuk meningkatkan kinerja UKM bagi petugas puskesmas.

"Sehingga perlu dilaksanakan penambahan rincian menu dan penyesuaian persentase penggunaan BOK (Bantuan Operasional Kesehatan) puskesmas pada DAK (Dana Alokasi Khusus) non fisik bidang kesehatan tahun anggaran 2022," ucapnya.

Dia mengharapkan para peserta dapat memahami sosialisasi yang sudah disampaikan sehingga nanti dapat diimplementasikan. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru