Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disiplin Prokes Harus Menyeluruh

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 11 Agustus 2022 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan disiplin prokes harus secara menyeluruh.

Mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan harus menjadi perilaku keseharian dalam situasi pandemi.

“Dari 17 provinsi yang melapor pada pekan terakhir, sekitar 40 persen kelurahan/desa tidak patuh memakai masker. Sedangkan hanya sekitar 20 persen kelurahan/desa tidak patuh menjaga jarak,” kata Wiku.

Secara linear, lanjut Wiku, kinerja pemantauan dan pelaporan kepatuhan di daerah juga menurun. Dari 5 provinsi dengan kasus tertinggi, nyatanya memiliki tingkat kepatuhan protokol kesehatan yang harus dievaluasi kembali.

Salah satunya yang terendah yaitu Provinsi Jawa Barat dengan angka kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak dibawah 20 persen.

“Saya berharap kedepannya baik masyarakat maupun aparat di seluruh daerah di Indonesia yang berkewajiban mengawasi kedisiplinan protokol kesehatan, agar sama-sama kembali membangun dan mengkonsistenkan atmosfer yang kembali patuh, taat, dan tidak menyepelekan,” sebut dia.

Ia menekankan perlunya diingat, walau Covid-19 dapat disembuhkan, namun dengan upaya pencegahan jauh lebih baik dibandingkan harus mengobati.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, pada Kamis 11 Agustus 2022, secara kumulatif, total kasus konfirmasi covid-19 berjumlah 58.357 kasus, pasien sembuh 56.132 orang, dan pasien meninggal dunia 1.699 orang.

Untuk kasus aktif yang dirawat dirumah sakit ada 69 orang dan yang isolasi mandiri ada 457 orang. Jika berdasarkan persentase, maka persentase kesembuhan 96,19 persen, dalam perawatan 0,90 persen, dan meninggal 2,91 persen. (HERMAWAN DP/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru