Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua TP-PKK Palangka Raya Ajak Warga Kreatif Kelola Lahan Kosong

  • Oleh Hendri
  • 12 Agustus 2022 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Palangka Raya, Avina Fairid Naparin mengajak kepada kader PKK serta masyarakat setempat untuk kreatif dalam memanfaatkan lahan pekarangan.

"Keterbatasan lahan dan media tanam bukanlah menjadi kendala jika ingin menanam di halaman sebab saat ini sudah ada teknologi hidroponik yang terjangkau dan sederhana," katanya, Kamis 11 Agustus 2022.

Kader PKK serta masyarakat harus dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan kosong pada pekarangan rumah ataupun tempat kerjanya secara optimal, untuk menanam sayur mayur.

Masyarakat dan kader PKK dapat memanfaatkan media tanam polybag untuk menanam bibit sayur-sayuran atau buah-buahan pada lahan kosong sisa pekarangan rumah tempat tinggalnya.

Dia menjelaskan, menanam sayur seperti ini juga merupakan bentuk implementasi “Hati PKK” yang merupakan suatu gerakan masyarakat dengan memanfaatkan halaman di sekitar dengan tanaman pangan atau tanaman produktif.


Menurutnya, pemanfaatan lahan pekarangan seperti ini memiliki banyak manfaat selain menghasilkan tanaman bernilai gizi tinggi untuk dikonsumsi sendiri, hingga menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

"Gerakan menanam ini dilakukan untuk memenuhi keperluan dan tabungan keluarga serta meningkatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), pada masa pandemi Covid-19," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru