Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya Cek Sumur Bor

  • Oleh Hendri
  • 11 Agustus 2022 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya melibatkan unsur lembaga dan masyarakat, dalam hal ini  Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) melakukan pengecekan kondisi sumur bor sekaligus pembahasan lahan yang rawan kekeringan, Kamis, 11 Agustus 2022.

Hal ini dilakukan lantaran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan kemarau tahun ini adalah kemarau basah. Beberapa wilayah Indonesia termasuk Kalimantan Tengah diperkirakan pada bulan ini mulai memasuki kemarau.

Untuk mengantisipasi hal ini, DLH bersama tim gabungan TSAK Kelurahan mulai melakukan persiapan dan bersiaga. Terutama mengecek kondisi infrastruktur pembasahan lahan menyambut musim kemarau karena ancaman kebakaran lahan itu selalu ada.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan, pengecekan kondisi sumur bor dilakukan untuk memastikan jika terjadi kebakaran, maka infrastruktur dimaksud berfungsi.

"Dengan mulai memasuki musim kemarau bulan Agustus ini, setiap elemen masyarakat harus waspada, walaupun kondisi akhir-akhir ini curah hujan cukup sering, yang dikenal dengan istilah kemarau basah," katanya.

Ia berharap, kolaborasi yang semakin baik akan ditingkatkan dengan setiap unsur masyarakat untuk mengambil peran masing-masing baik itu pemerintah, swasta, pelaku usaha dan masyarakat, mengingat pencegahan kebakaran hutan dan lahan tidak bisa hanya ditangani oleh satu institusi saja.

Namun, harus dilakukan secara bersama setiap elemen masyarakat, dalam mencegah dan meminimalisir bencana kebakaran hutan dan lahan demi Kota Palangka Raya yang bebas asap, hutan dan lahan hijau tanpa api, sejahtera, hijau dan lestari. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru