Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lekatkan Prokes dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 12 Agustus 2022 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Di tengah kondisi kasus Covid-19 yang kembali dinamis, masyarakat diingatkan kembali akan pentingnya konsistensi dalam mengendalikan peluang penularan secara kolektif.

Salah satu caranya adalah dengan melekatkan kembali protokol kesehatan (prokes) sebagai bagian dari perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, prokes seperti 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) seharusnya menjadi perilaku keseharian dalam situasi pandemi.

Namun, hasil pemantauan kepatuhan secara nasional masih banyak masyarakat menunjukkan kecenderungan sikap “setengah disiplin” dalam menjalankan 3M. Seperti hanya menjalankan 1 atau 2 aspek saja dari 3 aspek yang seharusnya tidak terpisahkan dari 3M.

 “Kepatuhan memakai masker cenderung lebih rendah daripada menjaga jarak,” kata Wiku.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, kasus konfirmasi Covid-19 bertambah 44 pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Penambahan tersebut dari Palangka Raya 15 kasus, Kapuas 12 kasus, Barito Timur enam kasus, Kotawaringin Barat lima kasus, Barito Selatan tiga kasus, Gunung Mas dua kasus dan Kotawaringin Timur satu kasus. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru