Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Fakfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Alat Tangkap Ikan Diharap Tingkatkan Produktivitas Nelayan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 12 Agustus 2022 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota Komisi Komisi IV DPR RI utusan Kalimantan Tengah Bambang Purwanto menyerahkan sebanyak 30 paket alat tangkap ikan untuk nelayan di di Desa Tanjung Putri, Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat.

Bambang Purwanto mengatakan bahwa bantuan yang baru saja diserahkan untuk kelompok nelayan Samudra 2, itu berasal dari aspirasi DPR RI. Ia berharap bantuan yang diberikan mampu meningkatkan hasil tangkapan atau produktifktas para nelayan.

"Bantuan alat tangkap berupa jaring millenium dan perlengkapannya tersebut, bertujuan untuk membantu nelayan. Karena di sana itu fokus utamanya melaut. Kita bantu 30 paket jaring millenium beserta alat kelengkapannya," ujarnya, saat dikonfirmasi belum lama ini.

Bambang menerangkan total nilai alat tangkap yang diberikan senilai lebih dari 100 juta rupiah. Meski tergolong mahal, namun kualitas barang yang disalurkan merupakan barang yang awet digunakan berkali-kali.

"Alat itu yang mahal dan kualitasnya bagus, jenis jaring millenium. Dengan adanya bantuan itu supaya mereka (nelayan) bisa meningkat perolehan ikan pada saat dia melaut. Sehingga waktu yang dia gunakan efisien," terang Senator dari Fraksi Demokrat ini.

Bambang Purwanto menambahkan, kebutuhan pasokan ikan di Kobar dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, seiring pertambahan jumlah penduduk, sehingga nelayan lokal perlu dibekali dengan alat tangkap yang memadai.

"Potensi perikanan dan kelautan di Kobar cukup besar. Ini harusnya dimaksimalkan. Kalau nelayan kita punya alat tangkap yang memadai, otomatis berdampak terhadap kesejahteraan mereka," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru