Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Harap Kendala Pengembangan UMKM dapat Diatasi

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Agustus 2022 - 16:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Tomy Irawan berharap kendala terhadap pengembangan UMKM khususnya di Kalteng dapat diatasi oleh pemerintah daerah (pemda).

Ia menyebut, dalam rangka memulihkan dan meningkatkan perekonomian daerah, pemerintah jangan hanya fokus terhadap sektor perkebunan maupun pertambangan saja, tapi juga UMKM.

"Upaya dari pemerintah untuk mengatasi masalah pengembangan UMKM ini perlu dilakukan, karena potensinya cukup menjanjikan untuk pemulihan perekonomian pasca pandemi. Sebab, selama ini masih ditemukan kendala-kendala yang menghambat UMKM berkembang," ucapnya, Selasa, 15 Agustus 2022.

Dijelaskannya kendala yang dimaksud itu yakni dari segi pemasaran terlebih untuk menembus pasar manca negara itu masih sulit bagi sebagian pelaku UMKM. Dan terkait hal ini perlu menjadi perhatian pemda untuk mecarikan solusi.

Menurut Politisi PAN ini pemda baik provinsi maupun kabupaten dan kota harus memiliki inovasi atau terobosan yang dapat mendongkrak pengembangan UMKM yang lebih eksponensial kedepan.

Lanjutnya, apalagi produk UMKM Kalteng terutama lokal dari segi kualitas desain, maupun kreativitas tidak kalah bersaing dengan produk dari luar. Sehingga, hal ini perlu didukung dengan inovasi dalam rangka mengatasi batasan atau kendala yang semala ini jadi penghambat.

"Jika potensi ini dapat dimaksimalkan hingga diekspor ke luar negeri, maka akan berpotensi pada peningkatan perekonomian masyarakat dan PAD. Saya optimis hal itu bisa dilakukan, karena kita memiliki potensi tersebut secara terbuka," tutupnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru