Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng ini Dorong Pengembangan SDM Berkelanjutan

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Agustus 2022 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Evi Kahayanti mendorong adanya upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) khususnya di Kalteng secara berkelanjutan.

Dengan adanya peningkatan SDM berkelanjutan tentu hal itu akan berdampak positif bagi daerah, sebab setiap program strategis kedepannya seperti food estate maupun shrimp estate bisa dimanfaatkan lebih optimal.

"Artinya dengan peningkatan SDM terutama lokal, itu nanti bisa diberdayakan. Misal, dari mulai sekolah ditingkatkan kemampuannya, setelah lulus dimatangkan lagi melalui balai pelatihan, ketika mereka siap bisa dipekerjakan pada program strategis pemerintah," ujarnya, Senin, 15 Agustus 2022.

Ia menerangkan guna memaksimalkan hal tersebut, tentu diperlukan strategi atau langkah konkret dan juga kerjasama antara pemerintah bersama lembaga satuan pendidikan maupun pihak balai pelatihan.

Selain itu diharapkan satuan pendidikan maupun balai pelatihan juga dapat mengajarkam pengetahuan kepada siswa atau masyarakat, terkait keahlian atau kompetensi yang dibutuhkan baik secara teori maupun praktik.

Kemudian, pemerintah pun juga diharapkan supaya dapat memberikan bantuan berupa fasilitas maupun sarana dan prasarana pendukung, baik untuk sekolah maupun balai pelatihan yang ada.

"Dengan perkembangan zaman saat ini, masyarakat bisa diajarkan ggribisnis tanaman dengan kompetensi keahlian agribisnis tanaman pangan dan hortikultura atau teknologi maupun digitalisasi," tuturnya.

"Menurut saya hal-hal ini penting untuk dikuasai, terutama bagi para generasi muda. Jika secara kualitas mereka sudah siap, maka pengoptimalan program strategis dapat diwujudkan," tukasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru