Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala KUA Selat Berikan Layanan Bimbingan Manasik Umrah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Agustus 2022 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Selat H. Nabchan berperan aktif dalam setiap tugasnya salah satunya permintaan warga untuk diberikan bimbingan manasik ibadah umrah, bertempat di balai Manasik KUA kecamatan setempat.

Nabchan mengatakan datang ketempat ia warga Jalan Barito Kuala Kapuas berkeinginan untuk diberikan bimbingan manasik sebelum berangkat umrah pada bulan Agustus ini, menanggapi hal tersebut ia selalu siap memberikan pelayanan.

“Disamping pekerjaan sehari-hari sebagai Kepala KUA dan Penghulu kami selalu siap memberikan pelayanan kepada masyarakat, apalagi ini permintaan yang membawa keberkahan," katanya, Senin, 15 Agustus 2022.

Nabchan menuturkan pemberian manasik umrah diantaranya penjelasan dan  teori kepada jemaah yang akan melaksanakan ibadah umrah seperti niat dan tata cara mandi ihram, berpakaian ihram, salat sunah ihram, doa dalam perjalananan, mengambil niat miqat doa memasuki kota Mekkah Al Mukarram, doa masuk masjid, doa melihat Baitullah.

“Selain memberikan manasik secara teori, yang lebih penting adalah pemberian dengan cara praktek," ucapnya.

Praktek dimaksud lanjut Nabchan bertujuan agar mudah di mengerti dan di pahami dalam berumrah seperti peraktek melaksanakan thawaf dan doa tujuh kali putaran, peraktek Sa`i tujuh kali bulak balik di mulai dari bukit Stafa dan di akhiri di bukit Marwah serta doa kemudian melaksanakan cukur/Tahalul umrah.

Diakhir manasik ia memberikan pencerahan tentang jiarah ke makam Rasulullah, dan jiarah ke baqie, serta memperkenal kan tempat doa mustajab.

"Baik saat berada di Mekkah maupun saat berada di Madinah almunawarah serta tempat tempat yang bersejarah lainnya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/ B-11)


TAGS:

Berita Terbaru