Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMPN 2 Sampit Ubah Bak Sampah Jadi Kotak Amal

  • Oleh Noor Annisa
  • 16 Agustus 2022 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Demi menciptakan lingkungan yang bersih, Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 (SMPN 2) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengubah nama bak sampah menjadi kotak amal.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMPN 2 Sampit, Abdurrahman, bertujuan untuk mengubah pemikiran peserta didik yang menganggap bahwa sampah adalah bahan kotor yang tidak bermanfaat, maka tercetus ide untuk merubah pola pikir tersebut.

"Demi menciptakan lingkungan yang bersih, rapi dan sehat kita merubah atau menghilangkan image sampah yang jorok. Kita katakan sisa makanan, bungkus makanan yang dimasukkan ke dalam kotak amal," jelasnya, saat diwawancarai wartawan, Senin, 15 Agustus 2022.

Menurut Abdurrahman, di SMPN 2 tidak menyebut sampah tapi dengan sebutan seperti sisa makanan atau bungkus makanan, begitu pula dengan bak sampah yang disebutkan dengan kotak amal.

Dirinya berharap dengan pola pikir seperti itu, peserta didik tidak malas membuang sampah, karena dianggap mereka sedang beramal.

"Ada nilai religius dan pancasilanya sehingga peserta didik tidak jijik karena namanya kotak amal,"ujarnya. 

Dirinya juga memberi pemahaman kepada peserta didik, bahwa setiap yang mereka masukan ke kotak amal bisa bermanfaat bagi orang lain.

"Plastik seperti botol minuman ada nilai ekonomisnya bisa di daur ulang, sisa makanan masih bisa digunakan makhluk Tuhan yang lain, berbeda kalo kita menyebut sampah kan kesannya mubajir," katanya.

Dia menambahkan, pihak sekolah juga didukung oleh komite dengan mendapatkan bantuan sebuah tosa untuk mobilitas mengangkut sampah agar lebih cepat pengerjaannya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru