Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Barito Timur Kukuhkan Paskibra

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Agustus 2022 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera atau Paskibra yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022 nanti.

Upacara pengukuhan yang dilaksanakan di GPU Mantawara, Senin, 15 Agustus 2022 itu, juga dihadiri oleh Kapolres Barito Timur, Danramil 1012-04 Tamiang Layang, Sekretaris Daerah dan Asisten I Sekda.

Saat membacakan sambutan Bupati Ampera AY Mebas, Wabup mengatakan, dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, generasi muda selalu menempati peran yang sangat strategis dari setiap peristiwa penting yang terjadi.

"Bahkan dapat dikatakan bahwa generasi muda menjadi tulang punggung dari keutuhan perjuangan melawan penjajahan ketika itu. Peran tersebut kiranya haruslah tetap dapat disandang oleh generasi muda kita saat ini hingga masa depan nanti," ujar Wabup.

Untuk meningkatkan peran serta pemuda dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, lanjut dia, sudah saatnya pemuda disadarkan, diberdayakan serta dikembangkan. Salah satu kegiatan kepemudaan dimaksud adalah dengan menjadi anggota Paskibra.

"Sebagai anggota Paskibra, maka kalian merupakan pelajar yang telah terpilih melalui seleksi yang ketat serta dilatih untuk mempersiapkan hal-hal yang bersifat teknis, seperti baris berbaris, formasi, manuver, melipat serta mengibarkan bendera dan sebagainya," katanya.

Menurut Wabup, semua latihan ditujukan sebagai media untuk menanamkan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai luhur patriotisme yang menjadi faktor signifikan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu untuk membangun tradisi dan perilaku yang positif bagi pelajar karena mengisyaratkan pentingnya kedisiplinan, ketegasan, kecerdasan dan kebersamaan.

"Melalui Paskibra juga
menumbuhkan semangat kemerdekaan bagi generasi muda dalam menanamkan nilai-nilai sosial agar mampu
menanamkan sikap dan perilaku yang baik di kehidupan bermasyarakat." jelasnya.

Pengukuhan Paskibra ditandai dengan pembacaan ikrar dan mencium bendera merah putih oleh anggota Paskibraka, penyematan lencana merah putih garuda dan pemasangan kendhit serta pemberian ucapan selamat kepada anggota Paskibra. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru