Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distanak Pulpis Nilai Program Bantuan Ternak Berhasil

  • Oleh Asprianta
  • 16 Agustus 2022 - 02:45 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Dinas dan Perternakan (Distanak) Kabupaten menilai program bantuan hewan ternak wilayah setempat berhasil. Hal tersebut berdasarkan perkembangbiakan hewan ternak dan hasil ekonomi yang diterima oleh kelompok budidaya ternak.

"Itu berdasarakan pantau kita, bahkan dimasa pandemi Covid_19 ini perekonomian para anggota kelompok pembudidaya hewan ternak cendrung meningkat dari hasil produksi hewan ternaknya," ucap Kepala Distanak Pulpis, Slamet Untung Rianto, melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatatan Hewan Ibrahim. 

Menurutnya keberhasilan program tersebut juga diakui oleh pemerintah Propinsi dan Pemerintah Pusat, dilihat dari bantuan hewan ternak yang bersumeb dari APBD 1 dan APBN terus meningkat setiap tahunnya.

Bahkan dengan ditetapkannya Kabupaten Pulang pisau dalam program ketahanan pangan Food Estate dan Ibu Kota Negara (IKN) di Pulau Kalimantan, dukungan dari APBN terhadap program bantuan hewan ternak meningkat drastis dimana pada tahun 2020 kuota untuk 10 kelompok meningkat menjadi 48 kelompok pada tahun 2021.

"Tahun ini Pemerintah Pusat akan kembali menyalurkan bantuan hewan ternak jenis Sapi, Kambing, Ayam bertelor dan Itik. Untuk koutanya kita belum dapat informasi. Sedangan Provinsi akan menyalurkan 21 ekor sapi dan Ayam buras 572 ekor beserta pakannya," katanya.

Sementara untuk Kabupaten Pulang Pisau juga telah menganggarkan, untuk bantuan hewan ternak yang disalurkan nanti berupa babi, sapi, kambing, ayam buras, ayam petelur dan itik.

Ia menjelaskan Untuk bantuan ternak sapi disalurkan kepada dua kelompok di Kecamatan Sebangau dan dua kelompok di Kecamatan Kahayan Hilir. Sedangkan untuk jumlah ternak masih menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

"Hewan ternak kambing disalurkan untuk Kecamatan Kahayan Kuala sebanyak dua kelompok yakni Desa Bahaur Hilir dan Bahaur Hulu Permai," ungkanya. 

Sedangkan Kecamatan Kahayan Hilir ada beberapa kelompok untuk Desa Hanjak Maju, Desa Anjir Pulang Pisau, dan Desa Buntoi. Untuk hewan ternak sapi disebar di Kecamatan Sebangau Kuala, Kecamatan Pandih Batu, Kecamatan Maliku, dan Kecamatan Kahayan Hilir.

“Untuk ternak ayam petelur, kelompok penerima diantaranya Kecamatan Kahayan Hilir ada dua kelompok. Kecamatan Pandih Batu dua kelompok. Kecamatan Maliku ada sebanyak dua kelompok,” lanjutnya.

Berita Terbaru