Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PMK Komsar Ampah Terima Bantuan Mobil Pemadam dan Ambulans dari Banjarmasin

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Agustus 2022 - 05:45 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Relawan Pemadam Kebakaran Komunitas Sapa Rawa atau PMK Komsar Ampah Kabupaten Barito Timur menerima bantuan satu unit mobil pemadam kebakaran jenis Mitsubishi Fuso dan satu unit ambulans jenis minibus Mithubishi L300 dari BPK Pengembara Banjarmasin, Senin, 15 Agustus 2022.

Sekretaris PMK Komsar Ampah Obrianto mengungkapkan, bantuan tersebut diberikan BPK Pengembara karena melihat keterbatasan sarana maupun peralatan pendukung lainnya yang dimiliki PMK komsar. Selain itu Ketua PMK Komsar Ampah dan Ketua BPK Pengembara Banjarmasin memiliki hubungan kerja sama yang telah terjalin lama.

"Setelah melihat seringnya terjadi kebakaran di wilayah Barito Timur dalam beberapa bulan terakhir jadi Ketua BPK Pengembara menghubungi Ketua PMK Komsar untuk mengambil unit mobil tanki pemadam dan ambulans," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, sebelumnya pada bulan Juni BPK Pengembara juga sudah memberikan bantuan satu unit mobil operasional pemadam portabel jenis Toyota Kijang produksi tahun 1992.

Obri mengakui bahwa selama ini sarana yang dimiliki oleh PMK Komsar tidak layak untuk digunakan, namun karena hampir semua anggota PMK Komsar memiliki latar belakang teknisi sehingga sarana tersebut masih bisa difungsikan.

"Dan itu pun hanya untuk di wilayah Kecamatan Dusun Tengah saja. Kami tidak berani untuk keluar wilayah kecamatan lain yang ada di Barito Timur karena kondisi sarana yang mudah rusak," jelasnya.

Sesuai dengan jenis bantuan yang diterima, lanjut Obri, pihaknya akan memanfaatkan mobil pemadam kebakaran tersebut  untuk membantu masyarakat dalam penanganan musibah kebakaran di wilayah Barito Timur maupun kabupaten tetangga.

"Sama halnya dengan ambulans, karena kami bergerak  di bidang relawan sosial kemasyarakatan sudah pasti akan kami gunakan sebaik-baiknya sesuai dengan fungsinya," tambahnya.

Menurut Obri, PMK Komsar yang bermarkas di RT 06 Kelurahan Ampah Kota, saat ini memiliki anggota aktif sebanyak 15 orang.

"Semoga dengan bertambahnya armada yang kami miliki akan bisa menambah anggota lebih banyak lagi," harapnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru