Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Penyesuaian Strategi Vaksinasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 16 Agustus 2022 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut, perlu adanya penyesuaian strategi vaksinasi Covid-19, dalam rangka mempercepat pemerataan cakupan vaksinasi dosis terlengkap agar mencapai kekebalan yang optimal.

“Saat ini, tugas kita bukan sekadar memastikan diri sendiri sudah divaksinasi lengkap namun juga orang di sekitar kita. Karena tujuan utama kita adalah membentuk kekebalan kolektif bukan individual,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

Wiku mengatakan, untuk membentuk dan mempertahankan kadar antibodi efektif mencegah infeksi, pemberian dosis vaksin lanjutan harus tepat waktu, khususnya booster yaitu 6 bulan pasca penyuntikan dosis kedua. Di satu sisi populasi yang tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan akan makin terancam keselamatannya.

Namun nyatanya secara data, cakupan vaksinasi booster belum meningkat signifikan dibanding laju vaksinasi dosis pertama dan kedua terhitung dari suntikan pertama dosis pertama secara nasional.

“Sudah seharusnya seluruh daerah semakin menguatkan urgensi untuk terus menerus meningkatkan cakupan vaksinasi bahkan seharusnya sampai ke titik optimal yaitu cakupan booster setinggi-tingginya,” pungkasnya.

Sementara itu, data update Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng menunjukan terjadi penambahan pasien konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 38 orang pada Selasa 16 Agustus 2022.

Sedangkan untuk sembuh bertambah sebanyak 61 orang dengan tingkat kematian Case Fatality Rate (CFR) 3,4 persen. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru