Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Persiapkan Pelabuhan Bahaur Menuju Multipurpose

  • Oleh Asprianta
  • 17 Agustus 2022 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau  melalui Dinas Perhubungan  setempat tengah mempersiapkan pelabuhan Bahaur menuju multipurpose atau sebagai pelabuhan serbaguna.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Pulpis Dr Supriyadi saat dibincangi rekan media Pulpis, Selasa (16/08/2022).

"Dalam mempersiapkan pelabuhan Bahaur menjadi multi purpose, kami telah menggelar Rapat Penyampaian Rencana Induk Pelabuhan (RIP). Rapat tersebut digelar berdasarkan hasil konsep penelitian dan kajian dari Kementerian Perhubungan Laut," ucap  Dr Supriyadi kepada awak media, di ruang kerjanya. 

Ia mengungkapkan dalam menetapkan pelabuhan Bahaur sebagia pelabuhan multipurpose, diperlukan surat keputusan (SK) Bupati Pulpis, mengingat pelabuhan itu merupakan pelabuhan pengumpul lokal, maka berdasarkan UU 23 tahun 2014 menetapkan sebagai kewenangan Bupati Pulang Pisau.

"Nah untuk mendukung hal itu ada 4 buah Perda yang sedang digarap, 2 sudah digarap dan 2 Perda lainnya masih dievaluasi. Ini tidak lain untuk menambah PAD kita, karena tanah sudah dihibahkan. Makanya saya kembangkan dengan Perda tentang Badan Usaha Kawasan Kepelabuhan dan Perda tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Jalan Khusus dan Jalan Umum," katanya.

Dalam kesempatan itu Kadishub Pulpis juga menyampaikan poin-poin yang berkenaan dengan perkembangan pelabuhan kedepannya berdasarkan  rencana tata ruang Kabupaten Pulang Pisau dan disesuaikan dengan RDTR Kecamatan Kahayan Kuala (Bahaur). 

"Karena pelabuhan ini kewenangan daerah kita, ke depan terkait hal tersebut menyesuaikan RDTR kecamatan setempat," imbuhnya. (ang)

Berita Terbaru