Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pasuruan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Nakertrans Sukamara Terus Upayakan Penambahan KK yang akan Ditempatkan di Tranamigrasi Pulau Nibung

  • Oleh Norhasanah
  • 18 Agustus 2022 - 16:11 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Sukamara terus mengupayakan penambahan jumlah warga transmigrasi yang akan ditempatkan di transmigrasi Desa Pulau Nibung, Kecamatan Jelai pada 2023.

"Saat ini jumlah yang sudah disetujui ada 15 KK dari jumlah usulan yang kita sampaikan sebanyak 90 KK," kata Sekretaris Dinas Nakertrans Sukamara, Chandra Fuji Asmara, Kamis, 18 Agustus 2022.

Menurut Chandra, peluang untuk menambah jumlah KK yang didatangkan memang masih ada, dan pihaknya berharap warga yang nantinya ditempatkan dilokasi Transmigrasi Pulau Nibung bisa setengah dari usulan yang telah disampaikan. "Kita berharap ini masih bisa bertambah," tukasnya.

Luas area yang disetujui sekitar 191 hektare dan sudah berstatus Hak Pengelolaan Lahan (HPL) dan untuk transmigran menggunakan rasio 60:40, 60 persen didatangkan dari warga luar dan 40 persen dari warga lokal.

Diharapkan kawasan transmigrasi kedepannya bisa menjadi daerah lumbung-lumbung pangan bagi Kabupaten Sukamara yang akhirnya dapat mensukseskan program ketahanan pangan, baik bagi kabupaten Sukamara, maupun provinsi dan nasional. 

Dengan didatangkannya transmigran, maka pertumbuhan kawasan-kawasan baru sekaligus diiringi dengan pembangunan fasilitas pendukung seperti infrastruktur jalan, pelabuhan, pasar, fasilitas pendidikan, kesehatan, sarana ibadah, dan sebagainya yang tidak hanya dinikmati oleh transmigran namun juga penduduk lokal. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru