Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Penguatan Ketahanan Pangan Sektor Perikanan di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Agustus 2022 - 16:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono mendorong adanya penguatan ketahanan pangan sektor perikanan yang dilakukan oleh pemerintah daerah di Kalteng ini.

Dia mengatakan pengembangan sektor perikanan sebagai salah satu ketahanan pangan perlu dilakukan, dan khususnya Kalteng sendiri disejumlah daerah cukup menjanjikan sebagai tempat untuk mengembangkan sektor tersebut.

"Beberapa daerah di Kalteng ini kan wilayah perairannya cukup bagus untuk mengembangkan sektor perikanan, jadi tinggal bagaimana pemda mengimplementasikannya saja," ucapnya, Jumat, 19 Agustus 2022.

Dia menyebut, apa yang dilakukan oleh Pemprov Kalteng seperti membangun shrimp estate atau tambak udang vaname hal itu patut diapresiasi, namun dirinya menginginkan pengembangan sektor perikanan tidak hanya itu saja tapi perlu ada yang lainnya.

"Saya rasa ikan lokal seperti papuyu, haruan, dan lainnya bisa dibuat tempat khusus pengembangannya, tentu ini juga perlu melibatkan masyarakat. Artinya, dalam prosesnya pemda bekerjasama dengan masyarakat," ujarnya.

Diungkapkannya, saat ini dalam upaya mengembangkan ikan lokal masih terdapat kendala seperti halnya pembibitan. Oleh karenanya, apabila dibangun tempat khusus pengembangan budidaya ikan lokal, maka disitu nantinya harus dibuat secara lengkap.

"Jadi tempat itu harus ada fasilitas pengembangbiakan, pembudidayaan, dan pembuatan pakan. Karena, bibit dan pakan ini salah satu kunci keberhasilan dalam membudidayakan ikan lokal," tuturnya.

Dia berharap sektor perikanan di Kalteng ini bisa menjadi penopang kebutuhan terutama provinsi ini, sehingga tidak selalu bergantung dengan daerah lain. Oleh sebab itu, pemda baik provinsi, kabupaten dan kota dapat memikirkan hal tersebut.

"Pemda baik provinsi, kabupaten dan kota harus bisa saling bersinergi untuk mencanangkan hal itu. Apalagi Kalteng ini kan salah satu daerah penyangga IKN Nusantara nantinya, jadi hal-hal terkait perlu dipikirkan dari sekarang untuk merealisasikannya," pungkasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru