Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3.837 Anak di Palangka Raya Terima Imunisasi Dasar

  • Oleh Hendri
  • 19 Agustus 2022 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah pusat memutuskan untuk memperpanjang Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) hingga 13 September 2022. Selama periode sebelumnya, Dinas Kesehatan Palangka Raya mencatat ada 3.837 anak di bawah usia dua tahun telah menerima imunisasi dasar lengkap.

Kepala Dinas Kesehatan Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo menyebutkan, jumlah itu terdiri dari 2.358 program campak dan rubella (MR) dan 1.479 sisanya program imunisasi DPT-HB-Hib.

"Selanjutnya kami menargetkan imunisasi pada bayi baru lahir sebanyak 4.483 bayi, kemudian pada angka Surviving infant atau perkiraan bayi hidup sebanyak 5.003 dan pada anak di bawah dua tahun sebanyak 4.998 anak," katanya, Jumat 19 Agustus 2022.

Dalam rangka memaksimalkan capaian imunisasi anak, pihaknya juga melibatkan peran ibu-ibu Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan juga pos pelayanan terpadu (Posyandu) di seluruh wilayah Palangka Raya.

"Artinya, untuk mencapai cakupan sasaran program kami juga menerapkan sejumlah strategi. Contohnya, agar ibu-ibu mendatangi pusat layanan imunisasi kita libatkan masyarakat setempat dalam hal ini kader dan posyandu melakukan pelayanan imunisasi," jelasnya.

Dia mengatakan, pemenuhan imunisasi bagi anak sangat penting dalam mencegah beragam penyakit dan untuk menjaga imun atau daya tahan tubuh anak.

"Untuk itu saya terus mengajak semua pihak untuk memahami bahwa imunisasi anak dilakukan untuk mencegah terjadinya indikasi penyakit berbahaya seperti campak rubella, polio, difteri, pertusis, hepatitis B dan meningitis," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru