Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bastianini Klaim Pole Position Perdana di GP Austria

  • Oleh ANTARA
  • 21 Agustus 2022 - 09:41 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Enea Bastianini akan mengawali balapan kelas premier dari posisi start terdepan untuk pertama kalinya setelah mencuri pole position dari Francesco Bagnaia di kualifikasi Grand Prix Austria, Red Bull Ring, Spielberg, Sabtu 20 Agustus 2022.

Sang pebalap tim Gresini mencetak lap terbaik dengan catatan 1:28,772 di pengujung Q2, mengalahkan catatan Bagnaia dari tim Ducati dengan margin 0,024 detik untuk pole pertamanya di kelas premier, demikian laman resmi MotoGP.

Rekan satu tim Bagnaia, Jack MIller melengkapi baris terdepan di saat Fabio Quartararo (Yamaha) dan Aleix Espargaro (Aprilia) harus puas di baris kedua dan ketiga.

"Sudah cukup lama bagi saya tanpa pole position," kata Bagnaia, yang telah tiga kali meraih kemenangan di musim ini.

"Hari ini kami tiba dan siap untuk kualifikasi dan pada akhirnya saya sangat senang, juga untuk Gresini dan Ducati, kami berada di paling depan besok.:

Duet tim Pramac Jorge Martin dan Johann Zarco menghuni baris kedua di P4 dan P6, mengapit Quartararo yang berada di bawah tekanan sebagai pemuncak klasemen dengan margin 22 poin saja dari rival terdekatnya, Aleix Espargaro.

Tak hanya itu, Bagnaia juga akan mempertahankan momentum setelah perlahan-lahan merangkak ke posisi tiga klasemen berbekal empat kemenangan dalam tujuh balapan terakhir.

"Akan jadi balapan yang berat karena Fabio sangat cepat di sini, tapi saya ingin datang besok dan bertarung dengan dia," kata Bastianini.

Pebalap kedua Aprilia Maverick Vinales, yang tiba dengan motivasi tinggi di Austria berbekal dua podium beruntun, akan mengawali serangan dari P7, di depan Joan Mir dan Espargaro. Sedangkan Fabio Di Giannantonio melengkapi sepuluh besar untuk tim Gresini.

Sejak kembali masuk kalender MotoGP pada 2016, Red Bull Ring telah menggelar delapan balapan kelas premier, enam di antaranya menyaksikan pebalap Ducati berada di podium teratas, dan dua lainnya dimenangi pebalap KTM yaitu Miguel Oliveira (2020) dan Brad Binder, yang bertahan dengan ban slick di balapan yang diguyur hujan tahun lalu.

Untuk 2022, layout sirkuit di Spielberg itu mengalami sedikit modifikasi dengan penambahan chicane setelah Tikungan 1.

Sepuluh besar kualifikasi GP Austria
1. Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP) – 1:28,772
2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) + 0,024
3. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) + 0,109
4. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) + 0,186
5. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,231
6. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) + 0,274
7. Maverick Viñales (Aprilia Racing) + 0,363
8. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,483
9. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) + 0,483
10. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP) + 0,564

ANTARA

Berita Terbaru