Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemeriahan Pawai Pembangunan Sisakan Sampah Berserakan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Agustus 2022 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ribuan masyarakat Sampit dan sekitarnya tumpah ruah menyaksikan pawai pembangunan yang diselenggarakan pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-77. 

Namun sayangnya, kegiatan yang berlangsung meriah tersebut menyisakan banyak sampah berserakan. Terutama di jalan-jalan rute pawai pembangunan. 

Sampah yang berserakan tersebut umumnya merupakan sampah botol, plastik dan jajanan ringan, bekas para penonton datang ke lokasi. 

Hal tersebut sangat disayangkan. Namun, itu menjadi maklum bagi petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim yang langsung sigap menyebar dan berbagi tugas untuk mengumpulkannya. 

"Memang kami menyayangkan dengan kebiasaan warga yang tidak membuang sampah pada tempatnya. Namun kami juga maklum, karena ini adalah antusias masyarakat yang haus akan hiburan setelah diterpa pandemi Covid-19," ujar Ahmad Abdullah, salah seorang petugas kebersihan, Minggu, 21 Agustus 2022. 

Para petugas kebersihan yang jumlahnya sekitar 65 orang tersebut langsung menyebar ke sejumlah titik, usai peserta terakhir Pawai Pembangunan meninggalkan garis start. 

Hal itu mereka lakukan agar sampah tidak beterbangan kemana-mana hingga membuat petugas kesulitan untuk membersihkannya. 

"Kami akan berupaya maksimal untuk membersihkan sampah karena ini adalah salah satu tugas kami," kata Abdullah. 

Meski begitu, Abdullah berharap, kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan bisa diubah. Sehingga, saat kegiatan serupa kembali digelar, tidak lagi banyak sampah berserakan yang membuat pemandangan jadi tidak sedap. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru