Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Kotim Ajak Lestarikan Seni dan Budaya Lokal

  • Oleh Noor Annisa
  • 24 Agustus 2022 - 18:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit -  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar lomba tari kreasi dan topeng kreasi di Museum Kayu Kota Sampit, Rabu, 24 Agustus 2022 pagi. 

Kegiatan ini digelar dalam rangka mengajak para pelaku seni, terutama generasi muda untuk terlibat dalam pelestarian seni maupun kebudayaan tradisional.

Ketua Panitia, M Yusdiannur menyebut para penari dalam lomba ini merupakan para pelajar yang berasal dari sejumlah sanggar di Kota Sampit.

Kegiatan ini disebut sebagai wadah untuk memberikan apresiasi kepada para pelaku seni, terutama para generasi muda. "Kami mengapresiasi pemuda yang mencintai budaya Kotim," ungkapnya.

Dia berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat kepada para pelaku seni agar secara terus menerus terlibat dalam pelestarian seni dan kebudayaan.

"Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan lagi tahun depan guna menjaga kearifan lokal dan menumbuhkan cinta terhadap kebudayaan," ujarnya.

Sementara Kepala Disbudpar Kotim, Ellena Rosie berharap ke depan kegiatan lomba seperti ini bisa diikuti lebih banyak peserta lagi."Ke depan saya berharap bisa lebih digaungkan kembali agar peserta lebih banyak,"harap Rosie.

Mengusung tari kreasi yang dipadukan dengan topeng dikemas lebih modern sehingga menghasilkan pertunjukan yang sangat memanjakan mata pengunjung. Apalagi kegiatan lomba ditampilkan di luar museum yang merupakan tempat terbuka, sehingga masyarakat luas dapat menikmatinya. (NOOR ANNISA/B-11)

Berita Terbaru