Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara Sampaikan Data Batas Administrasi ke Kemendagri

  • Oleh Ramadani
  • 26 Agustus 2022 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, H Nadalsyah bersama Sekda, Drs Muhlis, Kadis PUPR, Iman Topik dan Kabag Pemerintahan, BP Girsang, menyampaikan data atau dokumen Batas Administrasi Kabupaten Barito Utara antar-Kabupaten Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, antar-Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Penyampaian itu sebagai tindak lanjut atas hasil rapat secara virtual tanggal 8 Agustus 2022. Ini dalam rangka Percepatan Penyelesaian Batas Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalteng pada segmen batas antar-Kabupaten Wilayah Provinsi Kalteng dan antar Provinsi Kaltim dengan Provinsi Kalsel.

Rombongan Bupati diterima langsung oleh Direktur Toponimi dan Batas Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Sugiarto dan jajarannya di Ruang Rapat Direktur Toponimi dan Batas Daerah, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2022. 

H Nadalsyah memberikan tanggapan terhadap penentuan titik dan penarikan garis batas oleh Tim Penegasan Batas Daerah (PBD) Pusat terkait tata batas wilayah Kabupaten Barito Utara dengan Kabupaten Murung Raya dan Barito Selatan (Kalteng). Kemudian, Kabupaten Paser, Kutai Timur dan Mahakam Hulu (Kaltim) dan Kabupaten Tabalong (Kalsel).

Bupati berharap, Tim PBD Pusat dapat mengakomodir usulan yang disampaikan oleh Tim PBD Kabupaten Barito Utara. 

"Semoga Kemendagri melalui Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan dapat memutuskan yang terbaik, sehingga tata batas Kabupaten Barito Utara segera selesai," kata Nadalsyah. 

Bupati juga berharap, data atau dokumen yang telah disampaikan menjadi acuan dalam penentuan tata batas. "Terlebih Tim PBD Kabupaten Barut bersama Tim PBD Pusat dan Provinsi Kalteng telah melakukan verifikasi lapangan beberapa waktu yang lalu," jelas Nadalsyah.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berupaya maksimal untuk menyelesaikan tata batas tersebut. "Kita akan menerima apapun keputusan yang nantinya diberikan oleh Kemendagri terkait tata batas ini," tutur Nadalsyah. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru