Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wilayah Hulu Katingan kembali Diterjang Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 31 Agustus 2022 - 10:11 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebagian wilayah bagian hulu Kabupaten Katingan kembali diterjang banjir akibat luapan Sungai Katingan. Dari informasi yang diperoleh borneonews.co.id, Rabu 31 Agustus 2022, air mulai naik ke permukaan sejak Selasa 30 Agustus 2022 dini hari. 

Camat Bukit Raya, Jinar membenarkan jika di sejumlah wilayahnya sejak kemarin kembali diterjang banjir dari luapan Sungai Katingan. 

Wilayah Kecamatan Bukit Raya adalah kecamatan paling hulu di Katingan berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Kalimantan Barat atau Kalbar. 

Jinar mengakui akhir-akhir ini intensitas curah hujan di daerahnya semakin meninggi,  hal ini menyebabkan Daerah Aliran Sungai atau DAS Katingan wilayahnya meluap hingga ke permukiman warga. 

Jinar mengimbau kepada warganya agar mewaspadai bencana banjir kali ini. Pasalnya dimungkinkan banjir bakal meluas seiring dengan curah hujan yang masih tinggi. 

Biasanya banjir yang terjadi di wilayah hulu menyebabkan pula banjir di wilayah tengah maupun hilir terutama daerah-daerah yang dialiri Sungai Katingan. 

Sungai Katingan sendiri sejauh ini melintasi sekitar 11 wilayah kecamatan yang ada di Katingan mulai dari Tumbang Kajamei Kecamatan Bukit Raya hingga Pagatan Kecamatan Katingan Kuala.

Sementara itu dari pantauan di wilayah Kasongan Kecamatan Katingan Hilir, DAS Katingan di wilayah ini juga mulai meluap, terutama sekitar Jembatan Sei Katingan dan Kampung Banjar. 

Selain di wilayah Katingan Hilir, banjir jiga sudah terjadi di wilayah Kecamatan Tasik Payawan. (ABDUL GOFUR/B-6) 

Berita Terbaru