Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara Bunda Literasi Gunung Mas Tumbuhkan Minat Baca Anak

  • Oleh Riska Yulyana
  • 31 Agustus 2022 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya S Monong mengatakan, salah satu cara menumbuhkan minat baca anak yakni dengan membacakan cerita. 

Seperti yang dilakukan oleh Mimie hari ini yakni membacakan cerita untuk sejumlah peserta didik di Taman Kanak-kanak (TK) Sinar Kasih Kuala Kurun, Rabu. 31 Agustus 2022.

"Ada banyak manfaat yang akan didapat jika orang tua meluangkan waktu untuk membacakan cerita bagi anak-anak. Salah satunya adalah menumbuhkan minat membaca pada anak," ujarnya.

Selain itu, saat membacakan cerita maka orang tua secara tidak langsung mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan kepada anak. Sebab, setiap cerita pasti memiliki pesan moral yang bermanfaat untuk membentuk karakter anak.

Oleh karena itu, istri Bupati Gunung Mas Jaya S Monong ini mengajak dan mengimbau para orangtua untuk sering membacakan cerita kepada anak-anaknya. Dengan cara tersebut, harapannya bisa menumbuhkan minat baca anak-anak di Kabupaten Gunung Mas sejak dini dan bisa menjadi budaya dalam keseharian mereka. 

"Semoga ke depan membaca jadi budaya bagi masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda dan anak-anak. Karena dengan rajin membaca maka kita bisa membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, " tukasnya. 

Selain membacakan cerita, Bunda Literasi Gunung Mas juga menyempatkan untuk bernyanyi bersama peserta didik TK Sinar Kasih Kuala Kurun, serta membagikan makanan tambahan kepada peserta didik.

Ke depan, dirinya juga akan mengunjungi TK lain di wilayah setempat untuk membacakan cerita, guna menumbuhkan minat baca kepada anak-anak di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau'. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru