Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Kembangkan Jaringan Distribusi Air Minum di Dua Lokasi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 September 2022 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur melalui Dinas PUPR Perkim melakukan pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM pada dua lokasi yakni Kecamatan Patangkep Tutui dan Kecamatan Dusun Tengah.

Kepala Dinas PUPR Yumail J Paladuk mengatakan, proyek tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat Barito Timur.

"Laporan yang kami terima pada tanggal 1 September, untuk yang di Patangkep Tutui kemajuan pekerjaan sudah mencapai 52,3 persen, Sedangkan Dusun Tengah kemajuannya lebih besar lagi karena sudah mencapai 81 persen, walaupun dalam schedule (jadwal) pelaksanaan seharusnya baru sekitar 30 persen," ungkapnya di Tamiang Layang, Jumat, 2 September 2022.

Menurut Yumail, agar tidak mengganggu lalu lintas masyarakat maka pada pekerjaan sambungan pipa yang menyeberangi jalan tidak akan dilakukan pembongkaran jalan melainkan pengeboran di bawah jalan.

"Kontraktor sudah membuat tenda pada titik untuk pengeboran, jadi tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat," ujarnya.

Khusus untuk jaringan distribusi di Dusun Tengah lanjut Yumail, akan dikoneksikan dengan intalasi pengolahan air yang telah dibangun oleh Balai Sumber Daya Air dua tahun lalu dengan kapasitas 50 liter per detik, sehingga dapat melayani warga Dusun Tengah, sebagian Kecamatan Raren Batuah dan sebagian Kecamatan Pematang Karau.

Dengan kemajuan pekerjaan seperti itu, Yumail memperkirakan bulan Oktober 2022 semua sudah selesai dikerjakan.

Pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah SPAM itu dikerjakan dengan anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus atau DAK-APBD Barito Timur 2022 sebesar Rp1.597.356.192 untuk Patangkep Tutui dan Rp4.931.889.923 untuk Dusun Tengah. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru