Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pancaroba, di Kotim Waspada 2 Penyakit ini

  • Oleh Noor Annisa
  • 03 September 2022 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Memasuki pergantian musim biasanya ada beberapa penyakit yang dikhawatirkan bisa menyerang tubuh. Di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat pancaroba seperti ini masyarakat banyak terjangkit flu dan batuk hingga demam berdarah.

Namun, Kepala Dinas Kesehatan Kotim, Umar Kaderi menyebut flu dan batuk di kalangan masyarakat merupakan penyakit musiman yang tidak ada kaitannya dengan kasus covid 19.

"Biasanya setiap tahun terjadi seperti itu di lapangan banyak flu dan batuk tapi setelah ditracing antigen hasilnya negatif tidak ada hubungannya dengan covid 19," ucapnya, Sabtu, 3 September 2022.

Selain itu Umar juga menyebutkan, adanya peningkatan masyarakat yang terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD) terjadi pada tahun 2022 ini dibandingkan dengan tahun lalu.

Disebutkan, sejak Januari hingga Agustus ditemukan 29 kasus DBD, jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya ada 7 kasus.

"Tahun lalu masih rendah tahun ini mengalami peningkatan seiring meningkatnya kasus deman berdarah di daerah lain," ungkapnya.

Meredanya covid 19 diduga menjadi salah satu alasan peningkatan kasus DBD, sebab saat ini masyarakat sudah bebas beraktivitas dan tidak lagi mengurung diri dikarenakan pandemi covid 19, sehingga menurun pula tingkat kesadaran akan kesehatan.

Saat ini, menurutnya pihak Dinkes selalu berupaya mengimbau kepada masyarakat agar  melakukan 3M yakni menguras penampungan air, menutup penampungan air dan mengubur barang bekas guna menekan angka penyebaran DBD.

Selain itu masyarakat Kotim diharapkan juga melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) agar kebugaran tubuh tetap terjaga. "Setiap hari olahraga 20 menit, makan makanan cukup nutrisi dan istirahat cukup insyallah mencegah dari penyakit di musim seperti ini," pungkasnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru