Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Dorong Penyuluhan Pertanian Kepada Petani Lokal Secara Berkesinambungan

  • Oleh Donny Damara
  • 03 September 2022 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Sudarsono mendorong adanya penyuluhan pertanian kepada para petani lokal yang ada di Kalteng ini secara berkesinambungan.

Menurutnya, penyuluhan pertanian sangat penting dilakukan agar para petani lokal mampu meningkatkan produktivitas pertaniannya sehingga bisa berkembang dan memberikan dampak terhadap ketahanan pangan khsusunya di provinsi ini.

"Ketika produktivitas itu meningkat maka akan berdampak terhadap kesejahteraan para petani dan juga daerah dari segi ketahanan pangan. Jadi, penyuluhan pertanian ini sangat perlu dilakukan secara terus menerus," kata Wakil Ketua Komisi II ini, Sabtu, 3 September 2022.

Dia mengatakan, untuk memberikan penyuluhan, hal ini sudah menjadi tugas pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota melalui penyuluh pertanian yang ada. Sehingga, peran penyuluh pertanian ini supaya dapat dimaksimalkan.

"Kenapa penyuluhan pertanian ini perlu dilakukan secara berkesinambungan, karena tidak semua petani lokal kita di Kalteng ini menguasai cara-cara bertani yang optimal. Apabila, ada penyuluhan disini mereka bisa mengetahui bagaimana meningkatkan produktivitasnya, dan juga cara menghitung dan mengkalkulasi hasil dari pertanian itu," tuturnya.

Disebutkannya, sektor pertanian salah satu yang perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah, mengingat potensi pertanian di provinsi ini cukup menjanjikan, apalagi Kalteng menjadi salah satu daerah penyangga IKN Nusantara di Kaltim kedepan.

"Kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi, jadi peran pemerintah daerah sangat diharapkan untuk meningkatkan sektor pertanian di Kalteng. Kita tidak hanya bisa mengandalkan satu atau dua daerah saja, tapi juga daerah-daerah yang memiliki potensi," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru