Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Samsat Mampu Implementasikan Pelayanan dan PAD

  • Oleh Donny Damara
  • 03 September 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering meminta kepada Samsat di provinsi ini supaya dapat mengimplementasikan dua aspek penting yaitu pelayanan dan PAD.

Dia menjelaskan dari aspek pelayanan, samsat harus bisa memberikan yang terbaik dan kemudahan kepada masyarakat sebagai wajib pajak, sehingga masyarakat dapat taat dalam membayar pajak kendaraan bermotornya.

"Terkait pelayanan ini perlu diperhatikan, karena selama ini masih banyak keluhan mengenai pelayanan yang kurang maksimal di samsat. Apabila, pelayanan itu dilakukan secara maksimal maka masyarakat akan taat membayar pajak," ucapnya, Sabtu, 3 September 2022.

Selain itu, pelayanan juga perlu dilakukan dengan berbagai cara seperti melaksanakan aksi jemput bola, sebab selama ini banyak dari masyarakat yang enggan membayar pajak karena jarak antara tempat tinggal terutama di wilayah pelosok ke kantor samsat tergolong jauh.

"Nah disinilah program samsat keliling itu perlu digencarkan hingga menjangkau daerah-daerah setidaknya ke wilayah kecamatan. Jadi, ketika masyarakat hendak membayar pajak kendaraannya bisa lebih mudah dan hemat biaya," tuturnya.

Selanjutnya, apabila dari segi aspek pelayanan sudah maksimal serta prima maka dampak positifnya yakni terhadap PAD yang akan meningkat. Pasalnya, dengan aktifnya masyarakat membayar pajak PAD pun akan mengalami peningkatan.

"Ini sebenarnya tinggal hanya bagaimana mengimplementasikannya saja, karena pelayanan itu sangat berhubungan dengan PAD. Jika pelayanannya maksimal maka akan menghasilkan PAD. Ini yang kita harapkan dapat dioptimalkan oleh samsat di provinsi ini," tandasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru