Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Masih Berpotensi Hujan Ringan Hingga Lebat

  • Oleh Nopri
  • 05 September 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tjilik Riwut Palangka Raya memperkirakan kondisi cuaca di Kalteng dalam beberapa hari kedepan masih berpotensi hujan ringan hingga lebat.

"Kondisi cuaca umumnya berawan hingga hujan ringan, dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di hampir seluruh Kalteng," ungkap Prakirawan Cuaca, Ika Priti Widiastuti, Senin 5 September 2022.

Dia menjelaskan, suhu udara hampir diseluruh wilayah Kalimantan Tengah berkisar antara 22-33 derajat celsius, dengan kelembaban berkisar antara 65-100 persen. Sementara kondisi angin bertiup dari arah Tenggara-Utara dengan kecepatan berkisar antara 10-20 kilometer perjam.

Untuk itu ia mengimbau masyarakat selalu waspada dengan potensi bahaya yang terjadi saat terjadinya hujan yang disertai dengan angin kencang dan petir. Sebelum terjadi hujan disertai angin kencang dan petir akan muncul awan cumulonimbus.

"Jika melihat awan tersebut, sebaiknya masyarakat harus dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap beberapa hal buruk yang akan terjadi," jelasnya.

Selain itu masyarakat juga harus waspada dengan potensi datangnya angin kencang dan petir saat terjadinya hujan lebat. Sebelum terjadi hujan disertai angin kencang dan petir akan muncul awan cumulonimbus. (NOPRI/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru