Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kestabilan Harga CPO Domestik Penting Untuk Dijaga

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 September 2022 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Semakin pentingnya kedudukan minyak kelapa sawit atau CPO sebagai bahan baku produk pangan, oleokimia dan bahan bakar nabati, menjadi penting untuk menjaga kestabilan harga CPO domestik.

Itu karena pergerakan harga CPO ini juga turut berdampak pada pergerakan harga tandan buah segar atau TBS sawit di tingkat petani.

"Naik turunnya harga CPO berlangsung harian. Cukup banyak faktor-faktor yang mempengaruhi harga CPO, terutama dari fundamental yang terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal," kata Kepala Bagian Bursa dan Pengembangan Bisnis PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara atau KPBN, Andrial Saputra dalam rilisnya pada Senin, 5 September 2022 kepada Borneonews.

Hal ini juga disampaikannya dalam gelar wicara Generasi Sawit Corner Eps. 4 yang diselenggarakan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS bertajuk "Apa yang Mempengaruhi Harga CPO", di Jakarta pada Jumat lalu.

Lebin lanjut dijelaskan Andrial Saputra, penetapan harga komoditas di Indonesia, termasuk CPO yakni dengan menggunakan tiga pendekatan utama diantaranya supply and demand approach, market approach, serta cost oriented approach.

"Data PT KPBN mencatat bahwa pergerakan harga CPO sepanjang 2019 hingga akhir 2021 cukup solid berada di tren penguatan, dengan harga agregat tiap tahun mengalami kenaikan yang cukup solid," terangnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru