Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ditpolairud Polda Kalteng Tangkap Lima Perompak di DAS Barito

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 September 2022 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jajaran Direktorat Polairud Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), menangkap 5 orang perompak atau pelaku pemerasan terhadap nahkoda kapal di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, Desa Tailo, Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan. 

"5 orang pelaku pemerasan tersebut sudah ditangkap oleh tim khusus, saat sedang melakukan aksinya terhadap nahkoda tugboat yang sedang menarik tongkang," ujar Dirpolairud Polda Kalteng, Kombes Pol Boby Pa'Ludin Tambunan, Selasa, 6 September 2022.

Ke-5 tersangka tersebut yakni berinisial IB (34), RM (44), AA (39), HD (39) dan MR (30). Mereka melakukan pemerasan dengan cara menaikan tugboat yang melintas di DAS Barito, lalu meminta uang dan minyak solar untuk keperluan pribadi mereka. 

"5 pelaku kami tangkap pada 2 September 2022 lalu saat sedang melakukan aksinya," kata Boby. 

Sementara itu, kronologis tertangkapnya para pelaku bermula ketika jajaran Ditpolairud Polda Kalteng mendapatkan informasi dari sejumlah nahkoda kapal, bahwa di DAS Barito sering terjadi pemerasan atau dengan pengancaman oleh sejumlah preman mengunakan perahu kelotok. 

Sehingga, dilakukan pengintai dan ternyata 5 orang pelaku tengah beraksi dengan mendatangi tugboat yang sedang menarik tongkang. Mereka meminta agar nahkoda menyerahkan uang Rp 10 juta. 

Namun karena nahkoda mengatakan tidak sanggup, para perompak tersebut menurunkan tawarannya menjadi Rp 5 juta dan 8 jerigen solar. Nahkoda kembali mengatakan ketidaksanggupannya. 

Sehingga, para tersangka tersebut kembali menurunkan permintaannya yakni Rp 2,5 juta dan 3 jerigen solar. Selain itu, mereka juga mengancam akan memanggil lebih banyak preman jika tidak dituruti permintaan tersebut. 

Karena takut, nahkoda terpaksa menyerahkan Rp 1 juta dan 2 buah jerigen solar dan berjanji akan menyerahkan uang sisa setelah sampai di tempat tujuan. 

Saat di perjalanan tersebutlah, jajaran tim khusus dari Ditpolairud Polda Kalteng melakukan penangkapan terhadap 5 orang pelaku itu. Pelaku kemudian dibawa ke markas untuk penyidikan lebih lanjut. 

"Saat penangkapan, tidak ada perlawanan dari para tersangka walaupun saat kami geledah, kami temukan 2 buah senjata tajam," terang Boby. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru