Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembinaan Holtikultura, WBP Rutan Kapuas Sukses Panen Timun Suri

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 September 2022 - 15:21 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas telah melakukan berbagai pembinaan kemandirian hortikultura bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan di antaranya mengembangkan timun suri.

Hasilnya pun kini mulai terlihat, dengan telah suksesnya dilakukan panen timun suri. Setelah sebelumnya kegiatan penanaman dan perawatan tanaman timun suri ini merupakan bagian dari pembinaan kemandirian hortikultura yang menjdi bagian dari salah satu program Rutan yang berhasil dijalankan. 

"Timun suri yang sebelumnya ditanam oleh WBP di area beranggang ini ternyata tumbuh dengan subur dengan berbagai perawatan sehingga pemanenan pun dapat dengan cepat dilaksanakan," kata Kepala Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto, Rabu, 7 September 2022.

Toni menyebutkan hal ini berpotensi juga, karena dengan menghasilkan tanaman timun suri berkualitas dan berdaya jual berkisar Rp 5.000 sampai Rp 8.000 perbuah.

"Diharapkan dengan panen timun suri yang sukses ini, menjadikan WBP Rutan Kuala Kapuas menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti program pembinaan kemandirian seperti berkebun dan lain-lain," harapnya.

Selain itu, dia juga berharap pembinaan yang diberikan dapat menjadi penambah wawasan sehingga nantinya dapat bermanfaat ketika berada di luar sana. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru