Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonosobo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beredar Akun Terima Jasa Tembak Sertifikat Vaksin di Facebook, Ini Kata Kadis Kesehatan Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 September 2022 - 15:27 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Beredar sebuah akun yang memosting bahwa dirinya terima jasa tembak sertifikat vaksin tanpa di suntik di facebook. Hal itupun menjadi perhatian masyarakat dan Kepal Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotawaringin Timur (Kotim) Umar Kaderi. 

Pihaknya tidak pernah menawarkan promosi semacam itu, sehingga masyarakat diminta berhati-hati dengan modus seperti itu, karena itu upaya penipuan. 

"Di FB ada postingan terima jasa sertifikat vaksin tanpa suntik dan dijamin asli serta terdaftar di Pedulilingdungi, saya harap masyarakat jangan terkecoh dengan upaya penipuan tersebut," ujar Umar, Kamis 8 September 2022.

Dirinya memastikan Dinkes Kotim dan unit kerja selalu melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 setiap hari kerja, sepanjang stok vaksin tersedia. 

Vaksinasi sendiri gratis, tanpa dipungut biaya. Bahkan mereka tidak pernah menawarkan kepada masyarakat untuk vaksin tanpa di suntik. Karena langkah mereka untuk melakukan vaksin bukan hanya agar masyarakat dapat sertifikat, namun meningkatkan imun tubuh guna terhindar dari Covid-19. 

"Vaksin Covid-19 harus di suntik, baru terdaftar di pedulilindungi. Karena tujuan vaksin untuk meningkatkan kekebalan tubuh," kata Umar. 

Sehingga, dirinyapun meminta kepada masyarakat jika menemukan tawaran tersebut, bisa konfirmasi kepada pihaknya agar tidak menjadi korban penipuan yang hanya mencari keuntungan semata. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru