Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manli D Apil Resmi Dilantik Jadi Damang Kepala Adat Kecamatan Selat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 September 2022 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Manli D Apil resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai Damang Kepala Adat Kecamatan Selat bersama dengan 4 Damang dari empat kecamatan lainnya. Pelantikan berlangsung di Aula Bappeda Kapuas, Kamis, 8 September 2022.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji sebagai Damang Kepala Adat tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, dihadiri unsur Forkopimda dan lainnya.

Seusai pelantikan, Manli D Apil mengatakan, akan berupaya melaksanakan tugas dengan baik seraya menyampaikan langkah-langkah ke depannya sebagai Damang. Seperti anjuran-anjuran yang sebelumnya telah disampaikan Bupati Kapuas.

"Kita akan melanjutkan, apa yang beliau sarankan kita harus jalankan. Yang penting kita itu harus berdamai dan menegakkan aturan adat yang sebenar benarnya, sejujur jujurnya sesuai dengan peraturan," kata Manli kepada wartawan.

Setelah dilantik ini, lanjut dia, memang banyak program yang dibenahi. Seperti tentang perkawinan adat atau pengukuhan jalan adat.

"Kita berusaha sebagai Damang Selat akan lebih memprogramkan atau meningkatkan bagaimana ini semua berjalan sesuai harkat dan martabat adat dayak," ucapnya.

Sebelumnya, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya usai melantik dan mengukuhkan para Damang ini menyampaikan beberapa hal. Yakni para Damang yang telah dilantik ini diminta agar memahami dengan betul apa yang menjadi tugas dan fungsi Damang ke depannya, sehingga tidak menyimpang dari aturan yang telah ditetapkan.

Kemudian, dirinya ingin terjaganya kekompakan di masing-masing kecamatan, baik itu antara Camat, Tripika, Damang dan seluruh tokoh demi menjaga solidaritas dan kebersamaan. Dengan keberadaan Damang, diharapkan kedamaian dan kerukunan masyarakat Kabupaten Kapuas juga terjaga.

“Atas nama pribadi, Pemerintah Kabupaten Kapuas dan masyarakat menyampaikan selamat kepada para Damang yang telah dilantik resmi menjadi Damang Kepala Adat. Sudah tentu saya berpesan apa yang menjadi tugas para Damang yakni membantu masyarakat di wilayahnya dapat dilaksanakan dan selalu berkoordinasi dengan Camat di wilayah masing-masing,” harap Bupati. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru