Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Sejumlah Desa di Kotim yang Dilanda Banjir

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 September 2022 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banjir di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) semakin meluas. Bukan hanya terjadi di Kecamatan Parenggean, namun sejumlah desa di beberapa kecamatan wilayah Utara juga dilanda musibah di musim hujan tersebut. 

Desa-desa tersebut diantaranya Desa Tewei Hara, Tumbang Maya, Tumbang Kalang, Rasau Tumbuh, dan Desa Hanjalipan. Selain itu, ada juga 6 desa di Kecamatan Parenggean. 

"Yang saat ini data jumlah rumah yang terendam baru Kecamatan Parenggean laporannya masuk ke kami, sedangkan yang lain belum," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Rihel, Jumat 9 September 2022. 

Banjir yang melanda sejumlah desa tersebut ketinggiannya bervariasi. Mulai dari 50 cm hingga 100 cm. Dan yang paling tinggi berdasarkan laporan di lapangan, yakni di salah satu desa di Kecamatan Parenggean, dengan ketinggian mencapai 2,5 meter dari permukaan. 

Saat ini pihaknya masih melakukan pemetaan untuk terjun ke lapangan. Guna menggali data berapa jumlah rumah dan kepala keluarga yang terdampak dari musibah tersebut. 

"Terkait bantuan, tentunya akan kami salurkan nantinya sesuai data pasti di lapangan," kata Rihel. 

Ia menjelaskan, saat ini banjir yang cukup parah terjadi di Desa Hanjalipan. Ketinggian air kemungkinan besar mencapai 2 meter. Dan musibah banjir di desa itu memang sudah hampir setiap tahun terjadi. Karena berada di pinggiran sungai, dan merupakan pertemuan 2 sungai. 

"Kalau di Hanjalipan memang sudah hampir setiap tahun. Bahkan biasanya paling lama. Karena desa itu berada di tepian sungai," terang Rihel. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru