Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotak dan Surat Suara Terbakar Saat Diangkut ke Desa Luwuk Langkuas

  • 25 Januari 2016 - 20:21 WIB

Mobil pengangkut distribusi logistikkotak dan surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) ProvinsiKalimantan Tengah (Kalteng) terbakar. Tepatnya, di kilometer 22 atau 1 kilometerlagi menuju Desa Luwuk Langkuas, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas(Gumas).

Kapolres Gumas AKBP Pria Premos SIKmengatakan, insiden terbakarnya logistik surat suara Pilgub Kalteng yangterjadi pada Senin (25/01/2016) pukul 13.30 WIB, berawal ketika logistikdari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sampai ke Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) setempat. Logistik itu  kemudian langsung dijemput sendiri oleh KetuaPanitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Luwuk Langkuas dengan menggunakan mobil mazda KH 8464 HK, yang dikawaloleh satu orang anggota Polres Gumas Brigadir Atrimun Manurung.

Di kilometer 22, tepatnya 1 kilometermenjelang Desa Luwuk Langkuas, tiba-tiba muncul api di bagian belakang mobiltersebut. Saat itu, Ketua KPPS dan anggota Polres Gumas melihat api, danlangsung menyiram kotak suara yang sudah terbakar. 'Akibat insiden ini, duakotak suara yang diperuntukkan untuk dua TPS yakni, TPS 1 dan TPS 2 di DesaLuwuk Langkuas rusak, yang satu rusak karena terbakar dan yang satunya rusakkarena tersiram karena hampir terbakar,' ucap Premos saat dihubungi melaluitelpon selularnya.

 

Dia menuturkan, di setiapsatu kotak suara terdapat 358 surat suara untuk satu TPS. Kalau setiap kotaksuara dalamnya berjumlah demikian, itu berarti sekitar 700-800 lembar suratsuara rusak. 'Kita sudah datangi TKP dan melakukan police line. Sementara, untuk kondisi Ketua PPS dananggota personel Gumas saat ini dalam keadaan sehat dan baik,' ucapnya. (nth/*)

Berita Terbaru