Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bontang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Hanjalipan Siapkan Lokasi Pengungsian Antisipasi Banjir makin Tinggi

  • Oleh Noor Annisa
  • 11 September 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Untuk mengantisipasi debit air yang diperkirakan semakin tinggi merendam desa, Pemerintah Desa Hanjalipan Kecamatan Kota Besi (Kobes) bersama Pemkab Kotawaringin Timur menyiapkan tempat pengungsian bagi warganya. 

"Debit air naik secara bertahap sejak Senin, 5 September 2022 lalu mulai dari 50 sentimeter, 1 meter hingga 2 meter," kata Kepala Desa Hanjalipan, Sarpansyah, Minggu, 11 September 2022.

Banjir di Hanjalipan merupakan banjir luapan sungai karena intensitas hujan yang tinggi dan kiriman dari wilayah hulu. Diperkirakan debit air akan bertambah tinggi karena di wilayah hulu yaitu Kecamatan Bukit Santuai, Tualan Hulu, Antang Kalang masih terjadi banjir.

"Kalau debit air bertambah tinggi dari ini dan tidak bisa bertahan di dalam rumah terpaksa warga kami ungsikan. Kami sudah menyiapkan tempat di dataran yang lebih tinggi untuk mengantisipasi jika memang air semakin tinggi," terangnya. 

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, Rihel menyebut kalau banjir di wilayah hulu sudah mencapai 2 meter maka akan berdampak ke wilayah hilir yang lebih rendah.

"Paling puncak adalah di Desa Hanjalipan karena di sana tumpuan, nanti air turun juga dari Parenggean, Mentaya Hulu menuju ke Hanjalipan sehingga kemungkinan besar banjir bertambah parah," jelasnya.

Di Desa Hanjalipan sebanyak 125 rumah dengan jumlah 440 kepala keluarga atau 1.742 jiwa yang terdampak banjir. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru