Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

7 Kecamatan dan Puluhan Desa di Kotim Terdampak Banjir

  • Oleh Noor Annisa
  • 11 September 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Data terbaru yang diinformasikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini banjir yang disebabkan curah hujan yang tinggi sudah meluas hingga 7 kecamatan.

Kepala BPBD Kotim, Rihel menyebutkan, ke-7 kecamatan yang terdampak mulai dari wilayah hulu menyasar ke hilir, yakni Antang Kalang, Telaga Antang, Bukit Santuai, Mentaya Hulu, Parenggean, Cempaga, dan Kota Besi.

"Untuk di Kecamatan Parenggean ada 5 desa dan 1 Kelurahan Parenggean dekat pasar," sebutnya, Minggu, 11 September 2022.

Sementara untuk Kecamatan Antang Kalang meliputi Desa Sungai Puring, Tumbang Ngahan, Sungai Hanya, Tumbang Kalang dan Tumbang Manya.

Kemudian di Kecamatan Bukit Santuai yakni Desa Penyahuan dan Tumbang Tiap sementara di Desa Tewei Hara, dan Tumbang Payang  sudah surut.

"Kecamatan Mentaya Hulu  banjir di Kelurahan Kuayan daerah hilir," lanjutnya.

Untuk Kecamatan Cempaga juga terjadi banjir di Desa Pundu dan yang terakhir di Kecamatan Kota Besi yakni Desa Hanjalipan. Desa Hanjalipan disebut menjadi tumpuan banjir yang kemungkinan besar akan bertambah parah.

"Kalau intensitas hujan masih tinggi  kemungkinan desa yang terdampak bisa lebih luas, ini menurut  pengalaman kita kalau sudah daerah hulunya terutama dari Antang Kalang air akan turun ke arah hilir, begitu juga air dari Parenggean dan Mentaya Hulu akan turun ke Hanjalipan," ujarnya.

Sejauh ini BPBD Kotim juga telah menyalurkan bantuan sembako ke beberapa wilayah seperti Hanjalipan yang memang mempunyai lumbung sosial dan masih menyimpan persediaan sembako dan Parenggean menyusul kecamatan lainnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru