Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nakes Mulai Divaksin Booster Dosis Kedua

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 September 2022 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mulai melakukan vaksin Booster dosis kedua. Sasaran utama diberikan kepada para tenaga kesehatan (Nakes).

“Sudah ada 31 Nakes diberikan vaksin Booster dosis kedua,” ungkap Kadinkes Kabupaten Lamandau, Rosmawati di Nanga Bulik, Senin, 12 September 2022.

Dijelaskan Kadis, 31 orang yang mendapatkan vaksin Booster tersebut, yakni Nakes yang bertugas di Puskesmas Nanga Bulik. Pihaknya mengaku kedepan semua Nakes di Kabupaten Lamandau akan mendapatkannya.

“Jumlah sasaran SDM kesehatan kita ada sekitar 767 orang,” bebernya.

Sementara untuk stok vaksin, sambung Rosmawati, saat ini masih mencukupi. Tidak ada vaksin khusus untuk Boster kedua, namun Dinkes Lamandau memilih menggunakan vaksin Pfizer.

Sedangkan untuk target tidak ditentukan dari Kemenkes, dan sampai saat ini di lapangan belum ada kendala, serta tidak ada Nakes yang melakukan penolakan.

Pelaksanaan Vaksinasi Booster kedua, lanjut dia, sesuai dengan arahan Kementrian Kesehatan yang tertuang dalam Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.02/C/3615/2022.

“Tujuan pemberian Vaksinasi booster kedua ini, tentu saja untuk melindungi Nakes dari penyebaran Virus Covid-19. Walaupun angka kejadian Covid-19 di Kabupaten Lamandau sudah terkendali, bukan berarti kita boleh lengah,” ujarnya.

Ke depan, lanjutnya, apabila target pemberian Booster kedua bagi Nakes sudah terpenuhi, tidak menutup kemungkinan Booster kedua akan diberikan kepada kelompok rentan lainnya, seperti lanjut usia dan masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

“Kepada masyarakat saya imbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dan lengkapi vaksinasi Covid-19,” ajak dia. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru