Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Palangka Raya Sarankan Petani Tanam Pohon Produktif

  • Oleh Hendri
  • 16 September 2022 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua II Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Arthur Apriossi Tuwan memberikan saran kepada para petani agar dapat memanfaatkan musim penghujan dengan menanam pohon produktif.

“Lahan yang terkena basahan hujan dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis pohon. Namun sebelum menanam pilihlah lokasi yang tepat terlebih dahulu, pastikan tidak asal tanam,” kata legislator yang membidangi kesejahteraan rakyat ini, Kamis, 15 September 2022.

Menurutnya, karakteristik kawasan juga perlu disesuaikan. Sejumlah lahan yang dinilai layak barulah dapat digunakan untuk ditanami pohon. Namun faktor utama yang harus diperhatikan guna mendukung keberhasilan, yakni jenis-jenis pohon yang memiliki sifat produktif.

“Beberapa jenis pohon yang memiliki sifat produktif di antaranya pohon buah dan pohon kayu keras. Lakukan dengan cara spesies pohon multiguna agar tanaman dapat tumbuh berkembang dengan baik,” sebut Politisi muda asal Partai Demokrat ini.

Selain itu ada juga beberapa jenis pohon yang dapat ditanami dilahan basah. Di antaranya, mahoni, jengkol, petai, durian dan kemiri. Disisi lain jenis pohon ini juga memiliki nilai ekonomis serta dapat dimanfaatkan sebagai pelestarian lingkungan.

“Jika musim penghujan tiba dengan kondisi tanah tanpa penahan, maka besar resiko akan terjadinya longsor dan banjir pada kawasan tersebut. Maka dari itu pentingnya keberadaan tanaman guna meminimalisir terjadinya banjir,” pungkasnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru