Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Barito Selatan Bersama Gapasdap dan Pengusaha Angkutan Bahas Subsidi Tarif Penumpang

  • Oleh Uriutu
  • 16 September 2022 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Dinas Perhubungan Barito Selatan bersama Gapasdap dan pengusaha angkutan melaksanakan rapat membahas subsidi tarif penumpang.

Kepala Dishub Barsel, Daud Danda mengatakan, pihaknya menginformasikan terkait dengan pemberian subsidi kepada pengusaha angkutan sungai dan darat dalam upaya mengantisipasi terjadinya inflasi.

"Berdasarkan hasil rapat, tetap menggunakan tarif lama bagi penumpang. Hal ini karena ada subsidi," kata Daud Danda, Jumat, 16 September 2022.

Untuk jumlah kenaikan tarif tiket baru yang disesuaikan dengan naiknya harga BBM itu, akan disubsidi pemerintah.

Ia menjelaskan, teknis kerangka acuan penyaluran subsidi kepada pengusaha angkutan itu akan disalurkan setiap bulan dengan melihat jumlah fotocopy KTP dan nomor telepon seluler penumpang yang dicantumkan dalam manifest atau dokumen jumlah penumpang yang dibawa.

Hal tersebut, sambung dia, agar dalam penyaluran subsidi tersebut tidak disalahgunakan. Pihaknya juga akan lebih memperketat dalam pengawasannya.

Menurut dia, untuk pengawasan nantinya akan dilakukan oleh UPTD Perhubungan Barito Selatan yang akan melakukan pengecekan jumlah penumpang setiap harinya, baik angkutan darat maupun angkutan sungai.

Pada prinsipnya, pengusaha angkutan sungai dan angkutan darat sudah menyetujui mengenai hasil rapat yang telah dilaksanakan ini. Meski demikian, ada kendala yakni para pengusaha angkutan mengeluhkan BBM yang disalurkan dari SPBU jumlahnya terbatas.

"Pembelian BBM untuk angkutan air seperti speedboat hanya dibatasi Rp200 ribu, dan apabila pengusaha membeli BBM di luar SPBU, harganya lebih mahal lagi," ucap dia.

Sebagai salah satu solusinya, kata Daud Danda, Gapasdap dan pengusaha angkutan, bisa membuat usulan kepada Dinas Perhubungan. Kemudian, ditindaklanjuti dengan membuat surat menyampaikannya kepada Pj Bupati Barito Selatan.

Hal itu agar Pj Bupati bisa menerbitkan surat supaya SPBU bisa memberikan dispensasi atau prioritas BBM untuk memenuhi keperluan pengusaha transportasi sungai dan darat yang ada di daerah ini. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru